Aplikasi CRUD Java Sederhana Menggunakan Database MySQL

Aplikasi CRUD Java Sederhana Menggunakan Database MySQL
Aplikasi CRUD Java Sederhana Menggunakan Database MySQL

By bratesky 20 Des 2017, 17:25:23 WIB - Kategori: Java


Aplikasi CRUD Java Sederhana Menggunakan Database MySQL

Keterangan Gambar : java


Bagaimana cara membuat aplikasi CRUD (create, read, update, delete) sederhana menggunakan NetBeans IDE dan dengan koneksi database MySQL JDBC driver? dalam tutorial ini penulis akan mencoba menjelaskan tentang pembuatan aplikasi CRUD java seperti pertanyaan diatas, penjelasan sederhana mengenai aplikasi yang akan dibuat adalah dimana aplikasi nantinya akan melakukan koneksi ke database MySQL menggunakan koneksi ODBC driver dan mengeksekusi query yang diperintahkan oleh user untuk menampilkan data dengan perintah Select, mengupdate dengan perintah SQL update, menambah data dengan perintah Insert dan untuk menghapus data dengan perintah Delete.

aplikasi-crud-java-mysql-database-1

Dalam pembuatan aplikasi CRUD sederhana ini diwajibkan sebelumnya kamu harus sudah membuat sebuah database MySQL, den penulis tidak akan membahas cara membuat database dalam tutorial ini dan mari kita mulai tutorialnya.

Membuat Project baru Java NetBeans

Buka aplikasi NetBeans IDE dan buat project baru dengan cara klik New Project > Java > Java Application > Next > dan buat nama project "AplikasiCrud" > finish . untuk nama project bisa diganti sesuai kebutuhan.

Setelah project dibuat, secara default akan otomatis membuat Main Class dari project dengan nama sesuai nama project java kita, silahkan hapus terlebih dahulu (AplikasiCrud.java). kita akan membuat Form baru dengan JFrame dimana berfungsi untuk menampilkan seluruh data dan interface antara user dan database.

Membuat Form Baru Jframe (FrmUtama.Java)

Buatlah Form baru dengan cara klik kanan pada source package AplikasiCrud > New > Jframe > tuliskan nama form baru dengan nama "FrmUtama.java" dan > Finish. serta desainlah tampilan FrmUtama.java dengan menambahkan text box sebanyak 6 buah serta sebuah table dimana digunakan untuk input field ID, Nama, NIK, Jabatan, No hp, dan Alamat. Pokoknya sesuaikan saja dengan kebutuhan

Membuat Class Koneksi Database MySQL

Buatlah class baru dengan nama "koneksi.java". Sebelum memulai menuliskan code untuk koneksi java silahkan tambahkan library JDBCdriver ke dalam project dengan cara Klik kanan pada Libraries > ADD Jar / Folder dan pilih file MySQL JDBC Driver yang bisa kamu download di situs resminya https://dev.mysql.com/downloads/connector/j/.

Tuliskan code java untuk class koneksi.java berikut ini :

Membangun Komponen

Source Code Tombol New

Sebelum menuliskan code pada sub yang lain, silahkan import namespace yang dibutuhkan,

import java.awt.HeadlessException;
import java.sql.Connection;
import java.sql.SQLException;
import javax.swing.JOptionPane;
import net.proteanit.sql.DbUtils;

dan deklarasikan variable "databaru" dibawah class FrmUtama.java

public boolean databaru;

Selanjutnya langsung saja tuliskan code berikut pada tombol new


Source Code Tombol Save

Membangun Komponen (Lanj.)

Source Code Tombol Delete

Source Code Form Load Form Utama

Source Code Event JTable

Source Code Tombol Exit

Aplikasi diatas merupakan aplikasi CRUD yang paling sederhana dan mudah untuk di pelajari, jika ada diantara sobat yang masih bingung dengan penjelasan diatas, silahkan lihat video tutorial CRUD Java berikut.




ARTIKEL TERKAIT: