Aplikasi Penjualan Makanan menggunakan Netbeans

Aplikasi Penjualan Makanan menggunakan Netbeans
Aplikasi Penjualan Makanan menggunakan Netbeans

By bratesky 20 Des 2017, 17:21:54 WIB - Kategori: Java


Aplikasi Penjualan Makanan menggunakan Netbeans

Keterangan Gambar : java



Aplikasi Penjualan Makanan menggunakan Netbeans

1.       Sebelumnya, buat project terlebih dahulu. Lalu buat file JFrame untuk mendesain aplikasi tersebut. Pada project ini, saya membuat 2 file JFrame. File JFrame yang pertama untuk tampilan menu makanan dan file JFrame yang kedua untuk tampilan data pelanggan.

2.       Pada file JFrame pertama, ketika project/ file di run

3.       Tampilan Message Box tersebut, menggunakan source code JOptionPane.showMessageDialog.

4.       Lalu ketika di klik “OK”

5.       Untuk memasukkan gambar, pilih ‘Label’ pada ‘Swing Control’ – klik kanan pilih ‘Properties’ – klik pada tulisan ‘icon’ – browse gambar pada ‘External Image’ – OK. Lalu gambar yang telah dimasukkan akan muncul pada file JFrame.

6.       Setelah mengetahui langkah-langkah cara memasukkan gambar, Anda tinggal menambahkan ‘Swing Controls’ lainnya, seperti: Label, Button, Text Field, Combo Box dan lainnya.

7.       Pada button ‘Order Baru’, difungsikan untuk menghilangkan atau menghapus semua data yang sebelumnya sudah terisi untuk melakukan proses pemesanan makanan yang baru.

8.       Source code-nya; (nama variabel).setText(“”); dan itu untuk ‘Swing Controls’ pada ‘TextField’.

9.       Pada button ‘Batal’, difungsikan untuk keluar aplikasi dan akan muncul ‘Confirmation Dialog’, menggunakan source code JOptionPane.showConfrimDialog.

10.   Pada button ‘Paket Hemat 1, 2, 3, 4 dan 5’, difungsikan untuk menampilkan Menu Makanan beserta Harga.

11.   Pada button ‘Proses Transaksi’, difungsikan untuk mengetahui total harga dengan menggunakan rumus aritmatika. Tapi, isikan banyaknya jumlah makanan terlebih dahulu secara manual.

12.   Pada button ‘Hitung’, difungsikan untuk menghitung ‘uang kembalian’ yang akan diterima.

13.   Dan pada button ‘Order’

14.   Untuk file JFrame yang kedua, menampilkan verifikasi data pelanggan yang nantinya pesanan makanan tersebut akan diantarkan ke lokasi tujuan.

15.   Pada button ‘Submit’, akan muncul tampilan Message Box dibawah ini dengan menggunakan source code JOptionPane.showMessageDialog dan System.exit(0); yang nantinya akan keluar otomatis dari aplikasi.

 




ARTIKEL TERKAIT: