cara menjadi admin mikrotik

cara menjadi admin mikrotik
cara menjadi admin mikrotik

By sabiq 26 Nov 2017, 08:01:04 WIB - Kategori: Mikrotik


  • INTENTIONS & MENTAL

    Salah satu yang paling utama, kalau tidak ada niat mana bisa. Niat untuk mempelajari dan mental ketika terjadi gangguan jaringan internal maupun luar. Ada kalanya jaringan krodit, tidak konek, hostpot login tidak muncul, dns error dsb. Lalui permasalahan itu dengan troubleshooting yang jelas dan benar.

  • NETWORK BASIC

    Dalam hal ini, Anda sudah pernah membuat LAN, memberikan IP kepada client, pembuatan kabel, network data or printer sharing. Memahami IP Address, Subnetting. Setting Access point, bridging, firewall dst.

  • INTERNET APPLICATION

    Sudah pasti terinstall pada tiap-tiap PC, meskipun hanya IE. Aplikasi internet ini digunakan untuk browsing, aplikasi LAN, ujicoba download, ujicoba streaming.

  • NETWORK TESTING

    Memahami jika suatu nanti terjadi trouble, pengujian interkoneksi, ataupun menggunakan sintak-sintak dasar seperti:

1
2
3
4
tracert
ping
ping -t
...

  • TCP/IP

    Memahami atau setidaknya mengetahui mengenai TCP/IP. Pada saat Anda melakukan konfigurasi firewall misalnya, Anda akan menemukan port-port, jenis protokol misalnya TCP, ICMP, HTTP, FTP dsb.

  • NETWORK SECURITY

    Pasti ada client ataupun user external yang iseng-iseng ngoprek jaringan kita. Telusuri dan temukan bagaimana caranya orang iseng tadi ngoprek atau uji coba apapun ke jaringan kita. Jalur mana yang boleh diakses, dan jalur mana yang tidak boleh diakses, pada saat pembuatan firewall Anda harus mengenali dahulu siapa client yang akan Anda tangani nanti.




ARTIKEL TERKAIT: