kegunaan linux

kegunaan linux
kegunaan linux

By teguh 27 Des 2017, 20:15:58 WIB - Kategori: Linux Networking


Linux

Arti dari linux
Linux adalahsistemoperasi open source.Iniberartikodesumberuntuk Linux tersediauntukumumuntukinspeksidanbahkanperbaikan.Keuntungandariproduk open source berkisardarimanfaatmasukankreatifdari programmer seluruhdunia, untukkeamanan.Dengan source code tersediadalam domain publik, produk open source diujioleh programmer di seluruhdunia. Inijauhlebihsulitdengansistemtertutupseperti Microsoft Windows karenakodesumbertidaktersediauntukumum.

Perbedaanbesarlainnyaantara Linux dan Microsoft Windows adalahbahwa Linux adalahdidasarkanpadasistemoperasiUnix, sementara Windows adalahsistemoperasi proprietary atauberdirisendiri.


Kelebian Linux:
1. Tidakmemerlukanperangkatkeras yang mahal. Linux dapatberjalanpadakomputer PC dengankonfigurasi minimal sbb :
* Mikroprosesor 386 DX (intel, AMD, Cyrix, TI, Chips&Tech.)
* RAM 4 MB (tanpa GUI) dan 8 MB (dengan GUI)
* Space harddisk 85 MB
2. Linux merupakansistemoperasibebasdanterbuka.Sehinggadapatdikatakan, tidakterdapatbiayalisensiuntukmembeliataumenggunakan Linux.
 3. Preemptive multitasking, yaitumenanganibanyak proses secarabersamaan, semua proses tersebuttidaksalingmenghalangi/ menghambatwalaupunberjalanpadasaat yang sama.
4. Multiuser, yaitulebihdarisatu orang dapatmenggunakan program yang sama/ berbeda-bedadarisatumesin yang samapadasaatbersamaan di terminal yang sama/berbeda.
5. Dukunganakses 33 macamsistem file yang berbeda. Linux mampumengaksessistem file FAT16, FAT32 (kepunyaan DOS), VFAT (Win), HPFS (OS/2), Minix, UFS (Solaris), Xenix, SCO, Novell, dsb.


Kekurangan Linux :
1. Banyakpengguna yang belumterbiasadengan Linux danmasih ‘Windows minded’. Hal inidapatdiatasidenganpelatihan-pelatihanatauedukasikepadapengguna agar mulaiterbiasadengan Linux.
2. Dukunganperangkatkerasdari vendor-vendor tertentu yang tidakterlalubaikpada Linux. Untukmencaridaftarperangkatkeras yang didukungpada Linux, kitadapatmelihatnya di Linux-Drivers.

Sejarah Linux
Sejarah Linux berkaitan dengan GNU. Proyek GNU yang mulai pada 1984 memiliki tujuan untuk membuat sebuah sistem operasi yang kompatibel dengan Unix dan lengkap dan secara total terdiri atas perangkat lunak bebas. Tahun 1985, Richard Stallman mendirikan Yayasan Perangkat Lunak Bebas dan mengembangkan Lisensi Publik Umum GNU (GNU General Public License atau GNU GPL). Kebanyakan program yang dibutuhkan oleh sebuah sistem operasi (seperti pustaka, kompiler, penyunting teks, shell Unix dan sistem jendela) diselesaikan pada awal tahun 1990-an, walaupun elemen-elemen tingkat rendah seperti device driver, jurik dan kernel masih belum selesai pada saat itu.
Linux versi 0.01 dikerjakan sekitar bulan Agustus 1991. Kemudian pada bulan Oktober 1991 tanggal 5, Linus mengumumkan versi resmi Linux, yaitu 0.02 yang hanya dapat menjalankan bash (GNU Bourne Again Shell) dan gcc (GNU C Compiler).
Sekarang Linux adalah sistem UNIX yang lengkap, bisa digunakan untuk jaringan (networking), pengembangan software, dan bahkan untuk sehari-hari. Linux telah digunakan di berbagai domain, dari sistem benam sampai superkomputer, dan telah mempunyai posisi yang aman dalam instalasi server web dengan aplikasi LAMP-nya yang populer. Linux sekarang merupakan alternatif OS yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan OS komersial, dengan kemampuan Linux yang setara bahkan lebih Lingkungan sistem operasi ini termasuk :

Cara Kerja Linux - GNU/Linux adalah salah satu system operasi open source seperti UNIX. Struktrudirektori GNU/Linux berbeda dengan system operasi Windows yang selama ini yang kita kenal. Windows menggunakan pendekatan Forest atau hutan, dimana partisi harddisk diberi nama dengan alfabet seperti C:/. Sedangkan GNU/Linux menggunakan pendekatan tree atau pohon, semua direktori pembentuk GNU/Linux terletak dibawah "/" atau root.

Simbol dari linux:
Image result for simbol linux



ARTIKEL TERKAIT: