Mengenal Pengaturan delete pada table setup di PHPMAKER

Mengenal Pengaturan delete pada table setup di PHPMAKER
Mengenal Pengaturan delete pada table setup di PHPMAKER

By niken 22 Nov 2017, 17:33:20 WIB - Kategori: PHP


Mengenal Pengaturan delete pada table setup di PHPMAKER

Pengaturan selanjutnya yang berada di dalam Table Setup pada project PHPMaker adalah untuk menata halaman Delete. Fitur ini adalah fungsi untuk menghapus sebuah atau beberapa Record.

Sebagai Web Developer, Anda dapat memutuskan apakah ingin menghasilkan fitur Delete dengan cara mengaktifkan item Delete yang berada di bagian Delete Page dalam tab Table di project PHPMaker Anda, lalu men-generate ulang semua file script dengan menggunakan PHPMaker.

Ada dua tipe penghapusan data yang disuport oleh PHPMaker. Pertama, penghapusan data dengan menampilkan halaman konfirmasi yang berisi data yang akan dihapus. Kedua, penghapusan data dengan menampilkan kotak dialog konfirmasi Javascript. Perbedaan utama di antara kedua tipe itu adalah, tipe pertama meemerlukan satu buah http-requestke server sehingga meemerlukan sedikit waktu yang lebih lama dibandingkan dengan tipe kedua.

Untuk mengimplementasikan tipe penghapusan yang pertama, maka pastikan Anda tidak mengaktifkan item pengaturan Inline delete yang terdapat di bawah tab PHP -> Page Options (Global), atau yang terdapat di bawah tab Table -> Table-specific Options -> List Page. Artinya, jika Anda ingin mengimplementasikan tipe penghapusan yang kedua, maka Anda harus mengaktifkan pengaturan tadi.

PHPMaker juga mempunyai kemampuan untuk menghasilkan fitur penghapusan lebih dari satu Record sekaligus. Anda sebagai Web Developer cukup hanya mengaktifkan item pengaturan Multiple delete yang terdapat di lokasi sebelumnya. Jika fitur penghapusan beberapa Record ini diaktifkan, maka di halaman List akan ditampilkan control CheckBox di kolom paling kiri dari setiap Record yang terdapat di tabel.

Berdasarkan pengalaman Penulis, fitur penghapusan yang disediakan oleh PHPMaker ini dapat menghemat waktu Web Developer dalam mengembangkan Aplikasi Web yang meemerlukan fitur tersebut. Bandingkan jika fitur ini harus Anda kerjakan secara manual di setiap halaman/tabel yang jumlahnya relatif banyak di project Anda.

 




ARTIKEL TERKAIT: