Mengenal Pengaturan Return Pages pada Table Setup di PHPMaker

Mengenal Pengaturan Return Pages pada Table Setup di PHPMaker
Mengenal Pengaturan Return Pages pada Table Setup di PHPMaker

By niken 22 Nov 2017, 18:36:54 WIB - Kategori: PHP


Mengenal Pengaturan Return Pages pada Table Setup di PHPMaker

Return Pages artinya Halaman Balik, yaitu halaman yang dikembalikan oleh sistem setelah terjadinya event tertentu. Aplikasi Web yang diiciptakan oleh PHPMaker dapat menentukan halaman balik yang akan dituju setelah event penambahan (Add) atau pengubahan (Edit) data.
Jadi, PHPMaker menyuguhi pengaturan di level Table untuk mengarahkan Pengguna ke halaman tertentu jika mereka telah selesai menambah data baru atau mengubah data yang sudah ada. Istilah lain dari fitur ini adalah me-redirect ke halaman tertentu.
Pastikan sekali lagi Anda sudah memilih salah satu Table dari panel Database di dalam project PHPMaker Anda. Setelah itu, klik tab Table yang terdapat di sebelah kanan. Di bagian bawah, cari tulisan yang bernama Return Pages, dan di bawahnya terdapat dua item pengaturan sebagai berikut:
After add, tersedia 5 pilihan, apakah akan menayangkan Add Page, Delete Page, Edit Page, List Page, atau View Page setelah proses penambahan data berhasil dilakukan.
After edit, tersedia 5 pilihan, apakah akan menayangkan Add Page, Delete Page, Edit Page, List Page, atau View Page setelah proses pengubahan data berhasil dilakukan.
Sekalipun pada dua item pengaturan tersebut sudah tersedia masing-masing 5 item pilihan yang bisa Anda pilih salah satu di antaranya, Anda sebagai Web Developer masih diberi kesempatan oleh PHPMaker untuk tidak memakai pilihan tersebut, tapi menentukan alamat halaman lain yang sifatnya kostum.
Contoh, Anda dapat mengetikkan kode berikut:
customerslist.php?a=gridadd&showmaster=customers
Selain pengaturan di level Table tersebut, PHPMaker juga menyuguhi pengaturan terkait di lokasi lain, yaitu di bagian Server Events (masih ingat ‘kan?).
Karena di atas kita fokus pada event setelah penambahan dan pengubahan data, maka masing-masing server event yang bisa digunakan adalah: Row_Inserted dan Row_Updated.
Contoh kode untuk mengarahkan ke halaman yang bernama halamanku.php yang bisa digunakan di kedua server tadi, adalah:
$this->Page_Terminate("halamanku.php");



ARTIKEL TERKAIT: