Mengenal Theme di Aplikasi Web yang Dihasilkan oleh PHPMaker

Mengenal Theme di Aplikasi Web yang Dihasilkan oleh PHPMaker
Mengenal Theme di Aplikasi Web yang Dihasilkan oleh PHPMaker

By niken 29 Des 2017, 18:55:06 WIB - Kategori: PHP


Mengenal Theme di Aplikasi Web yang Dihasilkan oleh PHPMaker

Di beberapa artikel saya yang terdahulu, sudah diuraikan bahwa PHPMaker bukanlah sekedar Tools PHP Code Generator saja, melainkan lebih dari itu. Di samping sebagai alat untuk menghasilkan kode PHP untuk membangun Aplikasi Web, PHPMaker juga merupakan sebuah paket yang di dalamnya terdapat PHP Framework, CSS Framework, dan Javascript Framework.

Tentu saja CSS dan Javascript Framework yang dipakai oleh PHPMaker dibuat khusus sedemikian rupa, sehingga dapat diimplementasikan pada Aplikasi Web yang dihasilkan olehnya. Aplikasi Web yang dihasilkan oleh PHPMaker bukanlah hanya terdiri dari kode PHP, tapi dilengkapi dengan kode CSS dan Javascript yang dipakai di bagian Front-End dari Aplikasi Web tersebut.

Sejak versi 11, PHPMaker memakai Twitter Bootstrap 3 yang selama ini sudah kita ketahui sebagai sebuah Framework yang sangat bagus, dan banyak dipakai oleh Web Developer untuk membangun Aplikasi Web dengan mudah dan cepat. Itu artinya, Fitur CSS dan Javascript Framework yang sebelumnya sudah lama dipakai oleh PHPMaker menjadi lebih kaya lagi, karena ditambah dengan CSS Framework yang berasal dari Twitter Bootstrap 3.

PHPMaker telah menyediakan fitur Theme yang memungkinkan Web Developer dapat mengkostumisasi beberapa variabel yang sangat menentukan untuk menghasilkan CSS Framework tadi. Anda cukup hanya mengklik menu HTML, lalu mengklik sub-tab yang bernama Theme.

Di sana sudah tersedia 12 (Dua belas) Theme dasar yang bisa Anda kembangkan dengan mengubah nilai dari variabel yang terdapat di bawahnya. Dalam hal ini, PHPMaker juga memakai LESS, sehingga file-file .css yang dibangkitkan oleh PHPMaker berasal dari nilai pengaturan yang mengandung variabel di dalamnya.

Adapun bagian-bagian yang telah disediakan oleh PHPMaker agar bisa Anda kostumisasi nilai pengaturannya dengan sangat mudah adalah sebagai berikut:

Site Header
Site Left Column
Site Footer
Table Header
Table Body
Table Footer
Grid
Grid Lines
Grid Pager Panel
Mobile Menu
Theme (Bootstrap)
Colors (Bootstrap)
Scaffolding (Bootstrap)
Typograhy (Bootstrap)
Components (Bootstrap)
Tables (Bootstrap)
Buttons (Bootstrap)
Forms (Bootstrap)
Dropdowns (Bootstrap)
Media queries breakpoints (Bootstrap)
Grid system (Bootstrap)
Container sizes (Bootstrap)
Navbar (Bootstrap)
Navs (Bootstrap)
Tabs (Bootstrap)
Pills (Bootstrap)
Pagination (Bootstrap)
Pager (Bootstrap)
Jumbotron (Bootstrap)
FormStatesAndAlerts (Bootstrap)
Tooltips (Bootstrap)
Propovers (Bootstrap)
Labels (Bootstrap)
Modals (Bootstrap)
Alerts (Bootstrap)
Progress bars (Bootstrap)
List group (Bootstrap)
Panels (Bootstrap)
Thumbnails (Bootstrap)
Wells (Bootstrap)
Badges (Bootstrap)
Breadcrumbs (Bootstrap)
Carousel (Bootstrap)
Close (Bootstrap)
Code (Bootstrap)
Type (Bootstrap)
Berdasarkan pengalaman Penulis, fitur Theme di PHPMaker ini sangat membantu sekali bagi Web Developer, apalagi mereka yang masih pemula dan belum terlalu mengenal Twitter Bootstrap 3. Itu artinya, Aplikasi Web yang dihasilkan oleh PHPMaker sangat mendukung untuk memakai Multi-Theme. Anda sebagai Web Developer dapat membuat theme yang jumlahnya tidak terbatas! Bayangkan! ????

Bahkan, tidak berhenti di situ saja. PHPMaker juga sudah menyediakan fitur yang memungkinkan file-file .css (CSS) dan .js (Javascript) yang dihasilkan nantinya sudah dalam format yang telah dipadatkan/dikompres (compressed), sehingga Aplikasi Web Anda dapat diakses relatif lebih cepat dibandingkan dengan jika file-file tersebut tidak dikompres.

Betapa banyaknya waktu yang dapat dihemat dengan memakai PHPMaker dalam menghasilkan Aplikasi Web.



ARTIKEL TERKAIT: