Mengenal User Level ecurity di PHPmaker

Mengenal User Level ecurity di PHPmaker
Mengenal User Level ecurity di PHPmaker

By niken 21 Nov 2017, 20:18:40 WIB - Kategori: PHP


Mengenal User Level ecurity di PHPmaker

Di artikel saya sebelumnya, kita sudah membahas mengenai User ID Security di PHPMaker; salah satu fitur Securitytingkat lanjut di PHPMaker. Di artikel ini kita akan membahas User Levels Security yang juga merupakan fitur Securitytingkat lanjut lainnya di Aplikasi Web yang dihasilkan oleh PHPMaker.

Apa itu User Levels? Lagi-lagi, cukup dari terjemahan ke bahasa Indonesia, kita dapat langsung mengetahui artinya, yaitu Level Pengguna. Lebih detail lagi, terminologi User Levels di PHPMaker mirip dengan User Groups yang merupakan istilah untuk mengelompokkan beberapa Pengguna sesuai dengan fungsi dan perannya di sebuah Aplikasi Web.

Dengan memakai User Levels, maka Pengguna dengan level Administrator dapat mengatur pemberian ijin untuk mengakses (Permissions) Table, fungsi-fungsi, atau bahkan halaman tertentu, kepada User dengan level tertentu pula. Hal ini sangat terasa bermanfaat, ketika Aplikasi Web yang Anda bangun memiliki banyak Pengguna, dan Anda harus mengelompokkan Pengguna tadi ke dalam beberapa kelompok sesuai dengan fungsi dan tanggung jawabnya di Aplikasi Web tersebut.

Untuk mendefinisikan pengaturan User Levels di Aplikasi Web yang akan dibangun dengan PHPMaker, Anda sebagai Web Developer cukup mengakses menu Security -> klik tombol Advanced dari dalam project PHPMaker Anda. Selanjutnya, di jendela Advanced Security klik item User Levels.

Syarat utama untuk mengimplementasikan User Levels adalah, di tabel users (tabel yang dipakai untuk memverifikasi Pengguna saat login) sudah memiliki field yang menyimpan data User Levels. Nama field ini tidak harus User Levels, tapi disarankan mendekati itu, supaya tidak membingungkan Anda sendiri.

Persyaratan lainnya, tipe Field untuk menyimpan data User Levels adalah Integer atau angka. Jika Field ini sudah ada di tabel tersebut, maka Anda sebagai Web Developer tinggal memilih Field tersebut dari bagian User Level Field (Integer).

Selanjutnya, Anda sebagai Web Developer dapat langsung menambahkan data User Level sesuai yang Anda inginkan dari pengaturan ini. Caranya, cukup dengan mengklik kanan item User Levels, lalu pilih menu Add user level.

Enaknya lagi, PHPMaker menyediakan dua tipe dalam pengimplementasian User Levels. Yang pertama Static, dan yang kedua Dynamic.

Untuk setiap User Level yang telah Anda tambahkan pada item User Levels tadi, Anda dapat menentukan hak akses pada object Table tertentu dengan sangat mudah melalui tab Static User Levels. Caranya, tinggal memberi tanda centang pada object yang sesuai dengan fungsinya.

Fungsi-fungsi yang tersedia adalah: Add/Copy, Delete, Edit, List, Search, dan View.

Sedangkan jika Anda ingin memakai User Level yang dinamis, maka dari bagian Dynamic User Levels, Anda dapat men-generate dua buah tabel yang terkait dengan hal ini, yaitu User Level Table dan User Level Permission Table. Caranya cukup dengan mengklik tombol Create tables.

Anda dapat mengimplementasikan hanya salah satu tipe User Level tadi, apakah Static, atau Dynamic, atau bahkan mengimplementasikan kedua-duanya di mana mereka akan saling melengkapi. Mereka tidak akan bentrok antara satu dengan lainnya.

Anda bahkan dapat memigrasikan semua pengaturan Static User Levels yang sudah Anda tentukan sebelumnya ke dalam pengaturan Dynamic User Levels. Cukup hanya dengan mengklik tombol Migrate pada bagian Dynamic User Levels. Semudah dan secepat itu!

Dari semua uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa betapa mudahnya Web Developer mengimplementasikan User Levels di Aplikasi Web yang dibangun oleh PHPMaker. Betapa banyaknya waktu yang dapat dihemat oleh Web Developer dengan memakai PHPMaker.

\???d???k????s?e



ARTIKEL TERKAIT: