Pemrograman Database dengan VB dan MySQL

Pemrograman Database dengan VB dan MySQL
Pemrograman Database dengan VB dan MySQL

By ifa 26 Nov 2017, 01:23:51 WIB - Kategori: VB


Setelah kuasai dasar-dasar pemrograman dengan Visual Basic, sekarang tiba saatnya kita mempelajari konsep database khususnya database menggunakan MySQL.Semoga dapat menjadi bahan pengenalan dasar penggunaan database MySQL, sehingga dapat digunakan lebih maksimal. Pertama kita akan mengenal Database terlebih dahulu.Apa itu database..?

1.   Mengenal Database

Database (basis data) adalah suatu pengorganisasian data dengan bantuan komputer yang dapat diakses dengan mudah dan cepat.Dalam hal ini,pengertian akses dapat men mencakup pemerolehan data maupun pemanipulasian data, seperti menambah dan menghapus data. Manfaat database banyak dijumpai di sekeliling kita.

2.   Komponen Database

Komponen terbesar dalam suatu Sistem Database adalah Database itu sendiri. kumpulan data sejenis. Sebuah tabel biasanya terdiri dari beberapa field (kolom) dan record (baris), sebuah field menerangkan sebuah informasi dalam tentang identitas data dalam tabel, sedangkan record menerangkan sebuah data dalam tabel secara lengkap.

 

3.     Mengenal Database Management System

Database Management System atau yang biasa disingkat dengan DBMS merupakan perangkat lunak atau program komputer yang dirancang secara khusus untuk memudahkan pengelolaan database. Salah satu macam DBMS yang populer dewasa ini berupa RDBMS (Relational DataBase Management System), yang menggunakan model basis data relasional atau dalam bentuk tabel-tabel yang saling terhubungkan. Microsoft Access dan MySQL merupakan contoh produk RDBMS.

4.     Membuat Database dengan MySQL

 Seperti yang telah diuraikan sebelumnya, MySQL merupakan salah satu program aplikasi pengolah database berbasis RDBMS yang sering digunakan dalam pemrograman database. Database yang dibuat menggunakan MySQL juga dapat dihubungkan dengan program aplikasi pembangun progam lain termasuk Visual BASIC. Untuk dapat membuat database dengan MySQL, maka kita harus mengaktifkan terlebih dahulu program MySQL Server (winMySQLAdmin) dan program MySQL (mysql.exe) pada folder instalasi mysql . C:/apache/mysql/bin (jika menggunakan PHPTriad) C:/mysql/bin (jika menggunakan MySQL Server).

 



ARTIKEL TERKAIT: