sejarah delphi

sejarah delphi
sejarah delphi

By rohmat 23 Nov 2017, 12:04:30 WIB - Kategori: Delphi


Borland Delphi dirilis pertama kali pada bulan Februari 1995 oleh Charlie Calvert dan Zack Urlocker. Mareka berdua tergabung dalam Borland International Corporation. Kemudian pada tahun 1996 dirilis kembali Delphi 2. Sekarang sudah mencapai perkembangannya sampai dengan Delphi 10.
Delphi adalah sebuah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat aplikasi VCL (Victual Component Library), aplikasi berbasis Web (Web Application dan Web Service dengan ASP.NET), aplikasi database (Database Application dengan ADO.NET, dan aplikasi Windows (Windows Application dengan Windows Form) serta berbasis audio visual. Delphi merupakan bahasa pemrograman yang mudah, karena Delphi adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level) sehingga sangat memudahkan user untuk bermain-main di tingkat ini. Pemrograman Delphi sangatlah mudah, kita tinggal click and drag, dan jadilah program aplikasi yang kita inginkan.
Delphi merupakan bahasa pemrograman berbasis Windows yang dikembangkan dari bahasa Pascal. Tetapi bukan berarti untuk mempelajari bahasa pemrograman Delphi harus mempelajari Pascal terlebih dahulu, karena Borland Delphi sudah dirancang sedemikian rupa sehingga memudahkan bagi seorang pemula untuk merancang aplikasi berbasis Windows dengan Borland Delphi, mulai dari sebuah program sederhana sampai dengan program yang berbasiskan client/server atau jaringan. Delphi, termasuk aplikasi yang dapat digunakan untuk mengolah teks, grafik, angka, database dan aplikasi web.
Untuk mempermudah programer dalam membuat program aplikasi, Delphi menyediakan fasilitas pemrograman yang sangat lengkap. Fasilitas pemrograman tersebut dibagi dalam dua kelompok, yaitu objek dan bahasa pemrograman. Secara ringkas object adalah suatu komponen yang mempunyai bentuk fisik dan biasanya dapat dilihat (visual). Objek biasanya dipakai untuk melakukan tugas tertentu dan mempunyai batasan-batasan tertentu. Sedangkan bahasa pemrograman secara singkat dapat disebut sebagai sekumpulan teks yang mempunyai arti tertentu dan disusun dengan aturan tertentu serta untuk menjalankan tugas tertentu. Gabungan dari object dan bahasa pemrograman ini sering disebut sebagai bahasa pemrograman berorientasi objek atau Object Oriented Programming (OOP).



ARTIKEL TERKAIT: